Skip to main content

MENU, TOOLBAR DAN IKON PADA PROGRAM OPENOFFICE.ORG WRITER

Komponen-komponen yang sebelumnya sudah disebutkan di atas, merupakan bagian yang terdiri atas menu, toolbar dan ikon-ikon di dalamnya. Pada subbab ini, akan dijelaskan lebih lanjut tentang bagian komponen tersebut.

1. Menu pada OpenOffice.org Writer

Menu merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dan berfungsi untuk mengaktifkan dan menjalankan perintah-perintah atau instruksi dalam pembuatan dokumen di program aplikasi OpenOffice.org Writer.

Menu Bar berisi pilihan menu-menu yang berfungsi sebagai perintah untuk mengolah dokumen lembar kerja di OpenOffice.org WriterMenu Bar terletak pada bagian atas, di bawah judul dokumen. Menu utama atau disebut dengan Menu Bar terbagi menjadi beberapa kelompok menu-menu, yaitu:
  1. Menu File, jika menu ini dipilih maka akan memunculkan Drop-Down menu yang disebut sub menu, di antaranya: New, Open, Save, Close, Print, Exit dan sebagainya. Menu ini berhubungan dengan pengaturan dokumen, seperti membuat dokumen baru, membuka, menyimpan dan mencetak.
  2. Menu Edit, berfungsi dalam proses peng-editan atau perubahan tulisan. Di dalamnya sub menu Cut, Copy, Paste, Undo, Redo, Select All, dan sebagainya. Seperti menyalin, memindahkan dan memilih teks atau kalimat pada dokumen.
  3. Menu View, menu ini berfungsi untuk mengatur tampilan lembar kerja dan di dalamnya terdapat sub menu PrintLayout, Web Layout, Toolbars, Zoom dan sebagainya. Seperti mengubah ukuran lembar kerja, bentuk tampilan dokumen, meng-aktifkan dan me-non-aktifkan menu toolbar.
  4. Menu Insert, berfungsi untuk menyisipkan objek tertentu ke dalam lembar kerja. Di dalamnya terdapat sub menu Manual Breaks, Row, Column, Picture, Table, Object dan sebagainya.
  5. Menu Format, berfungsi untuk mengatur format dari lembar kerja seperti format teks, lebar baris dan kolom, ukuran kertas, paragraf, perataan teks dan sebagainya.
  6. Menu Table, berfungsi untuk membuat, mengatur dan menyunting tabel.
  7. Menu Tools, berfungsi untuk mengubah dan mengatur berbagai macam aturan pada lembar kerja, seperti bahasa, pemeriksaan ejaan, jumlah kata, mail merge, dan sebagainya.
  8. Menu Window, berisi menu-menu yang digunakan untuk mengatur dan memilih jendela kerja aplikasi org Writer yang aktif.
  9. Menu Help adalah menu bantuan yang berisi fasilitas petunjuk bantuan penggunaan org Writer.

2. Toolbar pada OpenOffice.org Writer

Toolbar berisi berbagai macam tombol berbentuk ikon gambar-gambar yang dikelompokkan berdasarkan fungsinya. Misalnya proses membuka file dokumen yang sudah disimpan, yang diaktifkan dengan menu File > Open dan dapat digantikan dengan mengklik tombol Open(tombol yang memiliki ikon bergambar folder file).
Untuk mengaktifkan dan menyembunyikan menu toolbar, kamu bisa mengaturnya melalui menu View – Toolbars, kemudian beri atau hilangkan tanda cek list (v).
  1. Standard Toolbar (Toolbar Standar)

Toolbar standar adalah sekumpulan ikon-ikon atau gambar sebagai jalan pintas yang berfungsi dalam melakukan perintah-perintah pengaturan dokumen, seperti menyimpan, membuka, mencetak, menyalin teks dan sebagainya.
Berikut nama ikon-ikon yang sering digunakan pada menu toolbar standar:
      NAMA IKON                                     FUNGSI
NewMembuat lembar kerja baru
OpenMembuka dokumen yang pernah disimpan
SaveMenyimpan     lembar             kerja    dalam             bentuk dokumen file
PrintMencetak lembar kerja
Page PreviewMenampilkan dokumen yang aktif sebelum dicetak
CutMemindahkan suatu objek pada penyimpanan sementara
CopyMenggandakan suatu objek pada lembar kerja
OpenOffice.org Writer
PasteMenampilkan hasil Copy atau Cut
UndoMembatalkan penyuntingan dokumen paling akhir
RedoMengembalikan kembali tindakan penyuntingan terakhir
TableMembuat tabel
ZoomMengubah ukuran tampilan lembar kerja
OpenOffice.org Writer
  1. Formatting Toolbar (Toolbar Pemformatan)

Pada formatting toolbar, terdapat ikon-ikon yang sering kita gunakan. Ikon tersebut berguna untuk mengatur dan memodifikasi penulisan pada dokumen. Dengan ini kita dapat memodifikasi teks dengan cepat.
Berikut nama ikon yang sering digunakan dalam penyuntingan teks pada dokumen OpenOffice.org Writer:
NAMA IKONFUNGSI
Style and FormattingMemilih style yang akan digunakan
Font NameMemilih jenis huruf yang akan digunakan
Font SizeMemilih ukuran huruf
BoldMencetak tebal huruf, angka atau kalimat
ItalicMemberikan efek miring pada huruf, angka atau kalimat yang dimaksudkan
UnderlineMemberikan garis bawah pada huruf, angka atau kalimat
Align LeftMembuat tulisan rata kiri
CenteredMembuat tulisan rata tengah
Align RightMembuat tulisan rata kanan
JustifiedMembuat tulisan rata kiri dan rata kanan pada lembar kerja
NumberingMemberikan dan mengatur bentuk daftar item berstruktur di dalam teks, berupa huruf dan angka
BulletsMemberikan dan mengatur bentuk daftar item berstrukstur di dalam teks, berupa simbolsimbol tertentu.
Font ColorMengatur pewarnaan huruf atau angka di lembar kerja
Background ColorMemberikan efek pewarnaan pada bagian latar belakang teks ata objek tertentu
  1. Drawing toolbar (Toolbar Menggambar)
Pembuatan dokumen yang disertai dengan gambar, warna, teks artistik dan simbol objek, akan membuat menarik isi dan tampilan dari sebuah dokumen. Drawing toolbar berfungsi untuk membuat atau menyisipkan gambar, simbol, objek, teks artistik dan sebagainya pada lembar kerja dokumen.
Berikut nama ikon-ikon yang sering digunakan dalam menyuntingan gambar pada lembar kerja OpenOffice.org Writer:
NAMA IKONFUNGSI
LineMembuat garis lurus
RectangleMembuat objek berbentuk kotak
EllipseMembuat objek berbentuk lingkaran
Freeform LineMembuat garis bebas atau tidak beraturan
TextMembuat teks pada area tertentu
CallaoutsMenyisipkan objek awan
Basic ShapesMenyisipkan objek atau gambar dasar pada lembar kerja, berupa bentuk persegi dan lingkaran
Symbol ShapesMenyisipkan simbol pada lembar kerja
Block ArrowsMenyisipkan objek berupa arah dan bentuk panah
Fontwork galleryMembuat teks yang diberi efek grafis tertentu
  1. Status Bar

Status bar adalah kotak yang terletak paling bawah dari program aplikasi OpenOffice.orgWriter dan berfungsi untuk menampilkan informasi halaman, gaya halaman, bahasa, ukuran tampilan, bahasa, dan sebagainya.1.10.
  1. Scroll Bar
Scroll bar adalah bagian dari OpenOffice.org Writer yang berfungsi untuk menggeser halaman yang sedang aktif. Ada dua buah scrollbar, yaitu scrollbar horizontal untuk menggeser halaman ke arah kanan atau kiri, scrollbar vertikal untuk menggeser halaman ke arah atas atau bawah.

3. Shortkey pada  OpenOffice.org Writer

Shortkey atau kunci kombinasi pada keyboard berfungsi supaya kamu bisa menggunakan menu bar dan toolbar yang ada tanpa harus memakai mouse. Sehingga kamu akan terbiasa menggunakan keyboard untuk menggunakan fungsifungsi tersebut.
Berikut shortcut pada keyboard yang sering digunakan untuk penulisan di program aplikasi OpenOffice.org Writer:

Tabel 1.1 fungsi pada Menu File

KOMBINASIFUNGSI
Ctrl+NMembuat     dokumen     baru      menggunakan
OpenOffice.org Writer
Ctrl+OMemilih jenis huruf yang akan digunakan
Ctrl+SMenyimpan dokumen (Save)
Ctrl+Shift+SMenyimpan dokumen (Save as…)
Ctrl+PMencetak dokumen
Alt+F+XKeluar dari program OpenOffice Writer

Tabel 1.2 fungsi pada Menu Edit

KOMBINASIFUNGSI
Ctrl+ZPerintah Undo, membatalkan perintah terakhir yang kamu lakukan
Ctrl+YPerintah Restore/Redo, mengulang perintah pembatalan yang baru saja dilakukan
Ctrl+XPerintah untuk memindahkan paragraf atau teks
Ctrl+CPerintah untuk membuat penggandaan atau duplikat paragraf atau teks
Ctrl+VMeletakkan hasil pemindahan paragraf atau teks dari perintah copy atau cut
Ctrl+AMensortir atau memblok semua paragraf atau teks dalam satu lembar kerja pada OpenOffice.
org Writer yang aktif

Tabel 1.3 fungsi pada Menu View

KOMBINASIFUNGSI
Alt+V+T+…Mengaktifkan dan menonaktifkan menu-menu toolbar yang dipilih
Ctrl+Shift+JPerintah untuk tampilan layar lembar kerja menjadi full screen
Alt+V+ZUntuk memperbesar atau memperkecil tampilan layar lembar kerja dokumen

Tabel 1.4 fungsi pada Menu Insert

KOMBINASIFUNGSI
Alt+I+PMenyisipkan   berupa             simbol-simbol karakter khususatau
Ctrl+F12Menyisipkan tabel
Alt+I+U+FMenyisipkan gambar-gambar dari disk

Tabel 1.5 fungsi pada Menu Format

KOMBINASIFUNGSI
Alt+O+HMenampilkan format karakter.
Alt+O+AMenampilkan format paragraf
Alt+0+BMenampilkan fornat Bullets and Numbering.
Alt+O+C+…Mengubah huruf menjadi besar atau kecil (Change Case).
Gunakan kombinasi
dan fungsi pada
keyboard untuk
memformat teks
pada dokumen.

Tabel 1.6 fungsi pada Menu Tabel

KOMBINASIFUNGSI
Ctrl+F12Menyisipkan tabel.
F2Menampilkan kotak   dialog matematika.perhitungan

Tabel 1.7 fungsi pada Menu Tool

KOMBINASIFUNGSI
F7Memeriksa format kalimat sesuai dengan bahasa yang benar.
Alt+T+CMenampilkan kotak dialog Customize.
Alt+T+OMenampilkan kotak dialog Options.

Tabel 1.8 fungsi pada Menu Windows

KOMBINASIFUNGSI
Alt+W+NMembuka jendela baru OpenOffice.org Writer.
Ctrl+WMenutup jendela windows yang aktif.

Comments

Popular posts from this blog

PERBEDAAN MICROSOFT OFFICE DENGAN OPEN OFFICE

Sudah tidak asing lagi bagi kita dengan istilah “Microsoft Office dan Open Office”, software ini merupakan sebuah perangkat lunak perkantoran yang dipakai untuk menulis, menginput, menyimpan, megirim, menghitung , pengolahan kata (wordprocessing), pengolahan lembar kerja (spread sheet), pembuatan gambar (drawing), pembuatan presentasi (presentation), pengolahan data, web editor, databes, dan formula editing. Open office merupakan sebuah perangkat lunak (software) perkantoran yang berbasis linux dan yang didalamnya memuat fungsi pengolahan kata (wordprocessing), pengolahan lembar kerja (spread sheet), pembuatan gambar (drawing), pembuatan presentasi (presentation), pengolahan data, web editor, databes, serta formula editing dan yang dapat diperoleh secara gratis. Sedangkan Microsoft office merupakan sebuah perangkat lunak (software) perkantoran yang berbasis windows dan yang didalamnya memuat fungsi pengolahan kata (wordprocessing), pengolahan lembar kerja (spread sheet), pembuatan

Perintah Dasar dalam Menggunakan Microsoft Word

Bagi pemula dalam menggunakan Microsoft Word, minimal wajib mengetahui beberapa  perintah dasar menggunakan Microsoft Word . Adapun perintah dasar berada pada  toolbar  standar jika anda menggunajan Ms. Office 2003, jika anda menggunakan versi 2007 atau yang terbaru, perintah dasar berada pada  menubar  HOME. Untuk mengetahui fungsi dari perintah dasar di dalam Microsoft Word, kali ini admin getect akan mencoba menjelaskan diantaranya : Berikut adalah perintah dasar untuk menggunakan microsoft word, adapun cara menggunakan perintah-perintah berikut, harus di dahului dengan memblok tulisan yang akan di atur atau dirubah : 1.  Bold , berfungsi untuk menebalkan. contoh : komputer menjadi  komputer . 2.  Italic , berfungsi untuk memiringkan tulisan. contoh : get my archives menjadi  get my archives . 3.  Underline , berfungsi untuk memberi garis bawah pada tulisan. contoh : Materi TIK menjadi  Materi TIK 4.  Striketthrough,  berfungsi untuk memberi garis di tengah t